Materi Penjaskes Atletik Kelas X (Lari, Lempar,Lompat, Jalan)


Atletik - Cabang olah raga yang satu ini merupakan cabor yang memiliki tiga jenis kategori didalamnya. Yang perlu kita ketahui bahwa cabang tersebut adalah Cabang Lari, Lempar, dan Lompat. Dari masing-masing cabang tersebut memiliki beberapa kategori yang akan kita bahas dengan materi dibawah.

Gambar Olahraga Atletik

Pengertian Atletik

Atletik dalam bahasa yunani berasal dari kata athlon, yang memiliki arti berlomba atau bertanding. Istilah lain atletik adalah athletics ( bahasa Inggris ), athletiek ( bahasa Belanda ), athletique ( bahasa Prancis ), dan athletik ( bahasa Jerman ).

Atletik merupakan salah satu cabang olahraga tertua yang mulai dilakukan oleh manusia sejak jaman purba hingga sekarang. Mengapa demikian hal ini disebabkan oleh gerakan-gerakan yang terdapat dalam cabang olahraga atletik seperti: berjalan, berlari, melempar, dan melompat. Merupakan serangkaian gerakan yang di lakukan dan diaplikasikan oleh manusia terdahulu dalam kehidupan memenuhi kebutuhan biologis sehari-hari.

Nomor Lomba Atletik

Dalam Cabor atletik masing masing cabang memiliki nomor lomba yang harus anda ketahui, diantara nomor tersebut antara lain sebagai berikut:

A. Nomor Lari

Lari merupakan yang berfokus pada bagian kaki, hal ini dikarenakan kaki adalah tempat untuk bertumpu dan memindahkan tubuh kearah tujuan dengan waktu secepat mungkin. Berikut Nomor Lari:
  1. Lari jarak pendek (sprint) - Jarak tempuh adalah ( 100m, 200m, 400m )
  2. Lari jarak jauh (long distance) - Menempuh jarak Lintasan ( 3000m, 5000m, 10000m )
  3. Lari jarak menengah ( midle distance ) - Jaraknya adalah ( 800m, 1500m )
  4. Lari marathon - Jarak Lintasanya adalah minimal 42.195m
  5. Lari estafet - Jaraknya adalah ( 4 x 100 m dan 4 x 400 m)
  6. Lari khusus 
  • lari gawang jaraknya adalah ( 100m, 110m, 400m )
  • lari halang rintang jaraknya adalah ( 3000m )

Teknik NomorLari


Teknik lari jarak pendek ( sprint )

Teknik Start
Teknik start yang di gunakan untuk lari jarak pendek adalah star jongkok ( chrouching start ). Start jongkok di bagi menjadi 3 macam yaitu :
  • start pendek ( bunch start )
  • start menengah ( medium start )
  • start panjang ( long start )

B. Nomor jalan

Jalan merupakan kegiatan yang dilakukan oleh manusia dengan tehnik yang hampir mirip dengan lari, perbedaanya terletak pada tumpuan kaki, yang tidak boleh melayang atau tidak menyentuh tanah secara bersamaan. Untuk lomba memiliki klasifikasi Nomor jalan jaraknya adalah ( 5km, 10km, 20km, dan 50km )

C. Nomor Lempar

Cabang Lempar Cakram

Nomor cabang lempar adalah lempar lembing, lempar cakram, lontar martil, dan tolak peluru. Cabang diatas banyak dilombakan diberbagai kegiatan baik secara Internasional, Nasional dan Regional.

D. Nomor Lompat


Gambar Lompat Galah
Nomor cabang lompat adalah lompat jauh, lompat tinggi, lompat jangkit, dan lompat tinggi galah. diantara ketiga start tersebut terdapat perbedaan yang terletak pada penempatan antara ujung kaki bagian depan dengan lutut kaki belakang sedangkan sikap badan, lengan, dan yang lainya hampir sama.  

Demikian artikel tentang materi atletik yang dapat kami sampaikan, prestasi dapat kita peroleh dengan latihan keras dan rasa percaya diri. Materisport.

Materi Atletik Terbaru terkait:
ringkasan materi atletik
sejarah atletik
macam macam atletik
atletik lari
cabang atletik
sejarah singkat atletik
makalah atletik
sejarah atletik di indonesia

2 Komentar untuk "Materi Penjaskes Atletik Kelas X (Lari, Lempar,Lompat, Jalan)"

  1. Atletik - Cabang olah raga yang satu ini merupakan cabor yang memiliki tiga jenis kategori didalamnya. Yang perlu kita ketahui bahwa cabang tersebut adalah Cabang Lari, Lempar, dan Lompat.
    Atletik dalam bahasa yunani berasal dari kata athlon, yang memiliki arti berlomba atau bertanding. Istilah lain atletik adalah athletics ( bahasa Inggris ), athletiek ( bahasa Belanda ), athletique ( bahasa Prancis ), dan athletik ( bahasa Jerman ).

    BalasHapus
  2. NAMA : RIVALDI.DIMASTIANSYAH.
    KELAS : X_NKPI.
    NIT : 2150.
    HARI/TANGGAL :SELASA/27-07-2021.

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel