Cabang Olahraga Lari - Beserta Penjelasanya

Olahraga Lari, Dalam bahasa inggris kata ini disebut dengan Run. Olah raga yang satu ini merupakan olah raga yang memiliki usia tertua dan ada sejak dulu kala, sekarang cabang ini digunakan untuk menjaga kondisi kebugaran tubuh dan kekuatan stamina seseorang. lari dibagi menjadi tiga bagian yaitu lari jarak jauh, ]jatrak menengah dan jarak pendek.



Daftar Isi Lari :
  1. Pengertian Lari
  2. Nomor Lari
  3. Manfaat Lari

Pengertian Lari

Lari dapat didefinisikan sebagai salah satu cabang olahraga yang memiliki usia tertua di dunia. Bahkan Sebelumnya, lari sudah dikenal oleh peradaban-peradaban manusia Purba ataupun pada masa kerajaan-kerajaan pada peradaban kuno. Lari juga dapat diartikan sebahgai kegiatan bergerak menggunakan tumpuan kaki dengan kecepatan maksimal untuk mencapai tujuan tertentu dalam waktu singkat.

Nomor Lari

Dalam olahraga lari memiliki dua kategori yaitu putra dan putri dengan sub kategori beregu dan perorangan, perorangan biasanya dilakukan pada cabag lari jarak jauh pendek dan menengah, sedangkan pada kategori beregu disebut dengan lari sambung atau lari estafet.

Lari Jarak Pendek

Lari jarak pendek memiliki tiga jarak yaitu 100m, 200m, dan 400m, lari ini sering disebut sebagai lari sprint, dengan menggunakan start jongkok dan memiliki batas finish dengan menggunakan dada.

Lari Jarak Menengah

Jenis lari yang selanjutnya adalah lari jarak menengah, dari namanya tentu saja Anda sudah dapat menebak pengertian lari jenis ini. Lari jarak menengah menempuh jarah antara 800 meter hingga 1500 meter. Ada sedikit perbedaan dengan lari jarak pendek, terutama saat dari cara kaki menapak.

Dalam lari jarak menangah, gaya menapak kaki disebut dengan istilah ball-hell-ball yaitu gerakan menapakkan kaki yang bertumpu pada ujung tumit dan menolakkan tapakan dengan ujung kaki. Untuk posisi strat dilakukan dengan posisi berdiri.
Lari Jarak Jauh

Lari Jarak Jauh

Marathon menjadi salah satu olahraga lari yang sedang naik daun. Olahraga ini semakin sering diadakan dan peminatnya juga selalu bertambah. Marathon menjadi olahraga favorit banyak orang karena dapat menantang adrenalin para pesertanya.

Jarak tempuh yang jauh sering kali membuat banyak orang penasaran walaupun pada akhirnya selalu finish dengan rasa letih luar biasa. Biasanya jarak marathon dimulai dari 3 km, 5 km, hingga 10 km. Sehingga pengertian lari jarak jauh sering disebut juga dengan marathon.

Lari Sambung (Estafet)

Lari estafet adalah lari beregu yang dilakukan oleh 4 orang dalam suatu lomba atau olimpiade dengan lintasan yang sudah ditentukan. Pelari pertama memberikan tonkat kepada pelari kedua dan seterusnya hingga garis finish.

Lari Halang Rintang

proses lari halang rintang dilakukan dengan beberapa hal yang terpenting, yaitu peroses lari yang memiliki rintangan berupa gawang kecil untuk dilompati hingga garis finish. 


Manfaat Lari Bagi Kesehatan

Berolah raga setiap hari secara teratur akan memberikan banyak keuntungan dan manfaat bagi tubuh manusia, jangan anda menyepelekan olahraga lari dalam hidup anda. Ternyata lari memiliki beberapa manfaatsebagai berikut:
  1. Menyehatkan jantung
  2. Menguatkan otot tubuh
  3. Memperlancar peredaran tubuh
  4. Menaikan daya tahan tubuh dan meningkatkan metabolisme
  5. Membuang racun dalam tubuh
  6. Memperlancar cairan dalam tubuh
Manfaat diatas dapat kita dapatkan dengan durasi dan takaran yang sesuai, ingat olah raga berlebihan juga dapat menyebabkan kerusakan bagian organ tubuh jika tidak diimbangi kedan aturan yang sewajarnay. By, SportMateri.

Belum ada Komentar untuk "Cabang Olahraga Lari - Beserta Penjelasanya "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel